Senin, 15 Agustus 2011

Membidadarikan Diri



QS. Ad-Dukhaan : 51-54

 “ Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (yaitu) di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air; Mereka memakai sutera yang Halus dan sutera yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan, Demikianlah. dan Kami berikan kepada mereka bidadari”.

Iman Ath Thabrani meriwayatkan sebuah hadist dari Ummu Salamah bahwa ia Rodhiyallahu’anha berkata :

Ummu salamah    : Ya Rosulullah,jelaskan padaku firman Allah tentag bidadari bermata jeli?

Rosulullah        : “Bidadari yang kulitnya bersih matanya jeli dan lebar, rambutnya berkilauan bak sayap burung nasar”.

Ummu salamah    : Jelaskanlah padaku tentang Firman-Nya “laksana mutiara tersimpan baik” (QS. Al Waqiah: 23)

Rosulullah        : “Kebeningannya seperti kebeningan mutiara dikedalaman lautan, tak tersentuh tangan manusia”.

Ummu Salamah     : Ya, Rasul, jelaskan padaku tentang firman Allah “Didalam surga itu ada bidadari yang baik-baik lagi cantik” QS.  Ar-Rohman : 70).

Rosulullah        : “Akhlaqnya baik dan wajahnya cantik jelita”.

Ummu Salamah     : Jelaskan padaku firman Allah “Seakan-akan mereka adalah telur (burung unta) yang tersimpan baik”. (QS. Ash Shaffat :49)


Rosulullah        : “Kelembutannya seperti kelembutan kulit yang ada bagian dalam telur dan terlindung dari kulit bagian luarnya atau yang biasa disebut putih telur”.

Ummu Salamah     : Ya Rasul, jelaskan padaku tentang firman Allah “Penuh cinta lagi sebaya umurnya”. (QS. Al Waqiah : 37).

Rosulullah        : “Mereka adalah wanita-wanita yang meninggal di dunia dalam usia lanjut dalam keadaan rabun dan beruban. Itulah yang dijadikan Allah tatkala mereka sudah tua, lalu Allah menjadikan mereka sebagai wanita-wanita gadis penuh cinta bergairah, mengasihi dan umurnya sebaya”.

Ummu Salamah     : Ya Rasul, manakah yang lebih utama wanita dunia ataukah bidadari bermata jeli?

Rosulullah        : “Wanita dunia lebih utama daripada bidadari seperti kelebihan apa yang Nampak dari apa yang tidak terlihat”.

Ummu Salamah     : Mengapa wanita-wanita dunia lebih utama daripada bidadari?

Rosulullah        : “Karena shalat, puasa & ibadah mereka kepada Allah. Allah meletakkan cahaya diwajah mereka. Tubuh mereka adalah kain sutera kulitnya putih bersih. Pakaiannya berwarna hijau, perhiasannya kekuningan, sanggulnya mutiara, sisirnya terbuat dari emas”.

Mereka berkata  “Kami hidup abadi dan tidak mati, kami lemah lembut dan tidak jahat sama sekali. Kami ridha dan tidak bersungut-sungut sama sekali, kami selalu mendampingi dan tidak beranjak sama sekali.

Berbahagialah orang yang memiliki kami dan kami memilikinya.

… wahai ummu salamah akhlaq yang baik itu akan pergi membawa dua kebaikan,dunia dan akhirat….(HR. Ath.Thabrani).


Sudah kita temukan potensi keunggulan kita!

“Sholat, puasa dan Ibadah segala yang bis dicakup kata ibadah, segala kebaikan yang ditujukan untuk mencari keridhaan Allah semata karena Allah dan untuk Allah”

Dikutip dari buku  Agar Bidadari Cemburu Padamu.

Salim A. Fillah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar